Momentum - Demo

Momentum - Demo

CRONOSAL - Meski terlihat sederhana dan tidak memberi kesan tantangan yang rumit, fakta tersebut tidak menjadikan sebuah game berarti mudah untuk diselesaikan dengan mudah. Saat ini tak sedikit developer yang berlomba-lomba meracik game minimalis dengan konsep gameplay yang tetap adiktif dan menantang. Salah genre yang kerap menampilkan mekanisme seperti ini ialah platformer.

Momentum, sekilas kata ini mengingatkan kita pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SMP atau SMA. Sangat erat kaitannya dengan fisika, sebuah massa yang bergerak dan dipengaruhi oleh kondisi lingkungannya seperti gaya gravitasi.

Momentum adalah game yang mensimulasikan player sebagai sebuah massa berbentuk bola yang bergerak akibat adanya gaya gravitasi. Anda diharuskan menggiring bola dari start point, berlanjut ke checkpoint dan akhirnya last line, garis finish. Arena yang diperhadapkan berbentuk koridor yang meliuk-liuk dengan variasi tikungan yang beragam.

Menariknya, Anda bukan pengontrol bola, tetapi sebagai pengontrol arena. Ibaratnya, jika biasanya game balapan mengharuskan Anda mengemudi mengendalikan arah gerak mobil di jalanan, namun gaya permainan Momentum justru sebaliknya. Anda berperan menggerakan jalur bola dari berbagai sudut pandang yang memungkinkan. Tentunya juga dipengaruhi kuat oleh gravitasi.

Sejak 10 menit pertama memainkan Momentum, aroma frustasi telah muncul ke permukaan. Terasa begitu sulit ketika sudah mencapai level yang lebih tinggi. Untuk versi demo hanya ada 16 level, namun saya sendiri kesulitan untuk menembus level 5 saja. Harus jatuh di titik yang sama puluhan kali dalam satu level. Namun game ini memiliki "sihir" tersendiri yang menghasut gamer untuk terus mencoba lagi dan lagi.

Momentum - Demo

Momentum - Demo

Momentum - Demo

Momentum - Demo

Momentum - Demo

Momentum - Demo

Momentum - Demo


Download Momentum Demo

Menyelesaikan setiap tahap seolah menjadi kepuasan tersendiri yang dinanti-nanti. Sesekali Anda harus mengganti perspektif agar mendapatkan posisi terbaik untuk menggulirkan bola. Beruntungnya, Momentum memperkenankan gamer untuk memilih sudut pandang secara bebas, jauh atau dekatnya pun bisa diatur. Kontrol keyboard dan mouse saling berkombinasi agar bisa menentukan arah yang tepat.

Sulitnya medan masih bisa ditolerir berkat kebijakan menghapus limit nyawa pada game. Tidak perlu pusing memikirkannya, namun dengan konsekuensi ketika Anda terjatuh maka harus mengulang dari checkpoint. Apabila ingin merasakan yang lebih keras, coba jalani time trial yang memaksa Anda berusaha keras untuk menyeimbangkan bola dan berjalan ke tempat tujuan dalam waktu yang terbatas.

Momentum hadir dalam visualisasi ringkas sekaligus kontras dengan latar. Jika diamati, mungkin orang akan menduga bahwa game ini dirancang melalui Unreal Engine 4, namun faktanya Momentum murni menggunakan Unity 3D. Kabar baiknya ia dapat berjalan pada PC menengah dalam frame rate yang cukup tinggi tanpa persyaratan hardware papan atas.

Meski demikian, kualitas grafis yang ditawarkan patut diberi apresiasi. Hanya satu kelemahan kecil yakni anti-aliasing yang keberadaannya tidak berpengaruh banyak walaupun menggunakan setting tertinggi. Terlepas dari itu, dua jempol untuk performa visual Momentum.

Bersamaan dengan perilisan demo, pihaknya juga menginformasikan bahwa versi ini tidak mampu dijalankan pada Windows 8.1. Sedangkan versi sistem operasi Windows yang lainnya bisa. Namun tidak menutup kemungkinan akan ada perbaikan di masa depan.
Momentum (Demo)
OS: Windows Vista, 7,  8, 10
RAM: 2GB
VGA: 512MB
Controller: Keyboard & Mouse
Momentum - Demo
Not easy to complet this game...

1 komentar

Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming