Gamer PC, Bersiaplah Akan Kedatangan Emulator PS3

Gamer PC, Bersiaplah Akan Kedatangan Emulator PS3

CRONOSAL - Dalam dekade terakhir, kontraversi sengit terasa antara gamer PC dengan gamer konsol. Gamer konsol terasa lebih eksklusif karena dinaungi oleh nama besar yang siap merilis game-game yang hanya akan ada pada konsol saja. Sebut saja The Last of Us yang menjadi game wajib bagi konsol Playstation.

Hadirnya Playstation 3 pada 2006 sontak membuat gamer PC tertegun. Performa grafisnya yang memukau dan belum mampu dijangkau oleh komputer pada masa itu. Beberapa tahun kemudian ketika hardware PC mulai terlihat "buas", beberapa programer mencoba merancang emulator PS3 untuk dapat dijalankan pada PC.
Berkat lahirnya DirectX 12 yang membawa konfigurasi visual optimal, kini program emulator seperti RPCS3 yakni emulator PS3 untuk PC dapat memanfaatkan setiap core pada processor secara maksimal.

Gamer PC, Bersiaplah Akan Kedatangan Emulator PS3

Ketika awalnya hanya game berbasis visual dua dimensi yang mampu bergerak melalui emulator ini, dalam waktu yang singkat sebuah game dengan model tiga dimensi mampu berjalan lancar tanpa adanya bug grafis.

User Youtube bernama Emulator_Team selaku pihak dibalik terciptanya emulator ini memamerkan gameplay G-Force yang berjalan halus dalam framerate yang boleh dibilang cukup stabil.
Menariknya, dalam keterangan video tersebut mereka menggunakan konfigurasi PC dengan processor AMD FX 6300 (Rp 1.500.000), graphic card GTX 650 Ti (Rp 2.200.000), dan RAM 8GB (Rp 800.000).

Jika kita kalkulasikan, spesifikasi tadi hanya memakan biaya Rp 4 sampai Rp 5 jutaan dengan catatan belum termasuk komponen lainnya. Namun bisa dikatakan ini sudah tergolong PC kualitas menengah.


Di sisi lain, belum ada pengujian dengan memakai konfigurasi hardware yang lebih rendah lagi. Hal ini tentu saja masih membuka jalan bahwa emulator RPCS3 akan lebih bersahabat bagi PC low end.
Perkembangan ini menjadi momen yang menjanjikan bagi gamer PC yang telah sejak lama berhasrat ingin menjajal sensasi game PS3 yang tidak ada pada platform lain.

Satu harapan, jangan sampai hype yang telah dibangun terhadapnya kandas...

Gamer PC, Bersiaplah Akan Kedatangan Emulator PS3
Reaksi gamer PC ketika melihat kabar ini.

2 komentar

Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming