Cara Mengetahui Judul Lagu dari Suaranya


CRONOSAL - Bagi sebagian orang, akan mudah mengetahui lagu dari suaranya dibanding judulnya. Mungkin sobat pernah berkunjung ke kafe, restoran, atau mall yang kebetulan memutar sebuah lagu yang indah. Penasaran ingin memiliki lagu tersebut tetapi tidak mengetahui judulnya, masalah ini juga kerap dialami oleh penggemar musik di seluruh dunia.

Metode pertama yang digunakan untuk mengetahui judulnya ialah dengan memahami kata-kata yang sobat dengarkan, kemudian mencoba-coba mencari kata tersebut lewat Google. Dalam beberapa kasus, ini berhasil.

Ketika gua mencoba mencari tahu judul lagu.

Tetapi lain halnya jika lagu tersebut berbahasa asing, misalnya berbahasa Inggris yang cenderung tidak begitu dimengerti oleh orang Indonesia.


Oke, mau tidak mau kita harus menggunakan bantuan lewat beberapa tool online dan aplikasi dibawah ini. Setidaknya ada 6 buah media yang bisa sobat gunakan untuk mengidentifikasi judul lagu cukup dari suaranya saja.

Cara Mengetahui Judul Lagu dari Suaranya


Midomi


Midomi akan menyuruh sobat untuk menyanyikan lagu dengan nada yang sesuai untuk mengidentifikasi lagu. Jika sobat tergolong orang yang suaranya bagus dan mampu menyanyikan lagu yang kurang lebih sama persis, maka Midomi bisa jadi pilihan utama sobat.

Tetapi jika merasa suara sobat termasuk kategori "menyiksa" telinga, yang terpenting adalah alunan nada harus pas. Hal ini dapat mempengaruhi hasil identifikasi nantinya. Semakin baik sobat menyanyi semakin tinggi akurasinya.


AudioTag


Tak berbeda jauh Midomi, AudioTag juga memanfaatkan suara untuk dapat mengetahui judul lagu. Bedanya, sobat bisa mengunggah potongan audio (MP3) dari lagu yang ingin dicari judulnya. Seperti Midomi, mengunggah rekaman suara sobat juga bisa dilakukan disini.

AudioTag memindai frekuensi gelombang suara dan mencari lagu yang gelombangnya mirip seperti apa yang sobat unggah.


NameMyTune


Lebih spesifik lagi, tool ini mempersilahkan penggunanya memilih genre dan era lagu tersebut. Sistemnya sama seperti Midomi yakni sobat menyanyikan lagu itu sendiri sebagai input audio. Namun dengan adanya pengelompokan genre, maka hasilnya lebih akurat. Hasil pendeteksian bisa dikirim ke email sobat.

Aplikasi Smartphone untuk Mengetahui Judul Lagu
  • Shazam (Android, iOS, dan Windows Phone) - GRATIS
  • SoundHound (Android, iOS, Windows Phone, dan Blackberry) - GRATIS
Software Komputer untuk Mengetahui Judul Lagu
  • Tunatic (Windows dan Mac OS X) - GRATIS
Dari beberapa pilihan diatas, saya pribadi lebih menyarankan untuk memakai aplikasi smartphone? Kenapa? Karena vendor aplikasi tersebut sangat serius terhadap bidang yang digelutinya. Database lagu selalu diperbaharui setiap hari. Jadi, untuk lagu-lagu yang terkesan baru, gunakanlah Shazam atau SoundHound.


Smartphone selalu dibawa kemana-mana, jadi sobat bisa langsung merekam lagu yang ingin diketahui judulnya dan langsung diperiksa oleh aplikasi tersebut.


Meski demikian, ketiga situs yang saya berikan diatas tidak begitu buruk untuk menangani hal ini. Jika sobat punya saran lain, share di komentar!

BONUS: WatZatSong, lagu akan diidentifikasi secara manual.


0 komentar

Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming