Cara Menambah Program yang Berjalan pada Startup Windows 7

Cara Menambah Program yang Berjalan pada Startup Windows 7

CRONOSAL- Rata-rata program yang aktif atau berjalan saat komputer dinyalakan (startup) biasanya adalah antivirus dan beberapa program bawaan Windows lainnya. Tidak hanya itu, software seperti Internet Download Manager (IDM) juga sengaja diatur agar berjalan saat komputer menyala. Software berbasis internet adalah bentuk yang paling mainstream.

Beberapa waktu lalu saya sempat memposting Cara Mengatur Program Startup di Windows 7. Disana terlampir tutorial untuk mengaktifkan atau menonaktifkan program yang berjalan saat startup.

Jadi, kita hanya bisa mengurangi jumlah program yang berjalan, tidak bisa menambahnya.

Lalu, apakah bisa menambah program yang berjalan pada startup?

Tentu bisa! Mungkin jika sobat ingin program tersebut berjalan secara otomatis di awal komputer dinyalakan, tutorial berikut ini bisa menjadi pilihan. Mungkin itu pemutar musik, software penting, catatan pengingat, atau program lainnya yang menjadi prioritas pertama.

Tidak harus berupa software, format gambar, video, musik, dan dokumen juga bisa dimuat disini. Dengan catatan, format tersebut dapat dijalankan pada Windows. Jika format tersebut eksklusif, pastikan memiliki program default yang bisa membukanya  (Cara Mengatur Default Programs di Windows 7).

Cara Menambah Program yang Berjalan pada Startup Windows 7


1. Langkah pertama, sebaiknya sobat membuat shortcut terlebih dahulu dari program yang ingin ditambahkan pada startup. Caranya dengan klik kanan kemudian klik Create Shortcut

Cara Menambah Program yang Berjalan pada Startup Windows 7

2. Selanjutnya, sobat menuju direktori berikut C:\ProgramData\Microsoft\Windows\Start Menu\Programs\Startup. Lokasi ini sudah default dari Windows, bisa dipastikan setiap komputer Windows 7 sama

3. Copy shortcut yang dibuat tadi, kemudian paste pada direktori tersebut. Berikut ini adalah contoh program yang diletakan di folder startup, ia otomatis akan berjalan saat startup

Cara Menambah Program yang Berjalan pada Startup Windows 7


Konsekuensi menambah program startup

Menambah program saat startup juga memiliki efek samping, yaitu proses startup akan berlangsung lebih lama dibanding biasanya. Namun itu tidak berdampak besar jika jumlah program yang ditambah hanya 2-3 buah saja.

Lain halnya apabila ada sobat menambah hingga 5 program lebih, maka rentang waktu terasa sangat kentara pertambahannya.

Tetapi jika sobat merasa punya komputer yang cukup mantap kecepatannya, saya gak bakal larang mau tambah ratusan program sekalipun :v

Anyway, tetap prioritaskan program yang sangat dibutuhkan saja.


Saya berubah pikiran, saya ingin mengembalikannya seperti sedia kala, bagaimana?

Silahkan baca artikel Cara Mengatur Program Startup di Windows 7. Atau cara lain dengan menuju C:\ProgramData\Microsoft\Windows\Start Menu\Programs\Startup kemudian hapus program yang ingin dihilangkan dari startup.


Jika ada pertanyaan, jangan ragu untuk bertanya lewat kolom komentar. Thanks for reading :)


0 komentar

Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming