Mau Rakit PC Gaming, Komponen Apa Saja yang Diutamakan?

Mau Rakit PC Gaming, Komponen Apa Saja yang Diutamakan?

CRONOSAL - Kemudahan upgrade, pilihan yang bervariasi, serta harga yang cenderung lebih ekonomis membuat sebagian besar orang memilih PC rakitan ketimbang versi build-up (pabrikan). Well, trend ini pada awalnya hanya dianut oleh sebagian orang yang dinilai ahli dalam perakitan komponen elektronik. You know, dulu diperlukan sebuah solder untuk merakit komputer.

So, bagaimana dengan sekarang? Kebanyakan komponen sekarang memiliki slot yang sifatnya universal alias dapat cocok dengan semua perangkat.

Meski demikian, bagi orang yang akan merakit PC dengan spesifikasi gaming, mungkin akan menjadi dilema ketika melihat varian Rig tetapi di sisi lain dompet sangat 'langsing'.

"Pilih i5 atau i7"

"Pilih R9 atau GTX"

"Team Elite atau Corsair"


Belum lagi beberapa hardware input lain seperti keyboard dan mouse. Anda yang memiliki budget terbatas pasti akan dipusingkan dengan hal tersebut. Keinginan untuk mencapai gelar PC gaming terasa makin membingunkan.


Tapi, sebaiknya Anda jangan bingung dulu.

Bicara soal gaming maka yang perlu dimaksimalkan adalah "jeroan" komputer.

Komponen lain seperti keyboard, mouse, monitor, speaker, headphone, joystick, dan lainnya dapat dikesampingkan terlebih dahulu.

Lalu apa saja komponen komputer gaming yang menjadi prioritas utama?


Mau Rakit PC Gaming, Komponen Apa Saja yang Diutamakan?


1. Power Supply

Mau Rakit PC Gaming, Komponen Apa Saja yang Diutamakan?

Lho kok power supply?

Jika kita analogikan, power supply atau PSU berperan sebagai jantung komputer. Bagian ini yang menyalurkan arus listrik ke berbagai komponen.

Lalu apa hubungannya sama PC gaming?

PC gaming memerlukan hardware berkualitas tinggi. Anda tidak mungkin menggunakan VGA Onboard untuk memainkan game AAA. Anda perlu VG Card yang sudah tentu perlu asupan listrik yang lebih tinggi.


Dengan demikian PSU kualitas standar tidak akan sanggup menangani permintaan energi yang cukup tinggi. Di sisi lain, arus yang tidak stabil dapat berdampak buruk bagi hardware itu sendiri, umumnya lebih cepat rusak.

Andaikata seorang binaragawan dengan otot bak Hulk tapi jantungnya (PSU) lemah, gak bakal bisa lari jauh!

Harga PSU pure untuk saat ini berkisar 400-500 ribu Rupiah. Itu sudah tergolong baik, tetapi saya menyarankan memakai PSU dengan harga berkisar 1 juta Rupiah, watt tinggi, serta pure pastinya.


2. Processor

Mau Rakit PC Gaming, Komponen Apa Saja yang Diutamakan?

Processor ini adalah otaknya komputer. Semakin "cerdas" suatu processor maka kemampuannya akan lebih tinggi.

Untuk saat ini processor dengan kasta tertinggi yang dapat dijangkau masyarakat umum adalah seri i7 dari Intel dengan 4 core yang dijamin mampu tahan terhadap berbagai jenis game AAA saat ini.

Contoh game yang terkenal menguras processor adalah GTA V. Walaupun sudah dikatakan playable untuk i3 namun banyak yang menyarankan untuk menggunakan i5 atau i7 karena frame ratenya lebih besar.

Harga dari Intel i7 Skylake berkisar 4jutaan. Namun bagi Anda yang ingin harga lebih murah, AMD bisa jadi pilihan. Processor milik AMD dikenal sangat cepat dan harga yang tak setinggi Intel.



3. RAM

Mau Rakit PC Gaming, Komponen Apa Saja yang Diutamakan?

Secara umum, RAM dengan kapasitas tinggi dapat menunjang kebutuhan gaming yang cenderung sangat rakus kapasitas. RAM dapat dikatakan cocok untuk PC gaming apabila memiliki kapasitas dan kecepatan yang tinggi, juga jenisnya.

Jenis RAM saat ini yang populer adalah DDR3, setelah sebelumnya DDR dan DDR2 mulai ditinggalkan. Tetapi tahun 2014 lalu, DDR4 mulai diperkenalkan tentunya menawarkan kecepatan yang lebih tinggi dan konsumsi daya yang lebih rendah.

DDR 4 jelas lebih mahal, akan tetapi hingga saat ini DDR3 masih playable untuk game-game kelas atas. Harganya pun cukup terjangkau, Anda bisa mendapatkan 2x4GB DDR3 dengan kisaran harga 700ribuan.

Ada fakta menarik yang harus sobat ketahui, kapasitas RAM yang besar dapat mendongkrak frame rate. Berikut video percobaannya:



4. Graphics Card

Mau Rakit PC Gaming, Komponen Apa Saja yang Diutamakan?

Inilah komponen yang paling menarik. Bisa dikatakan VGA card adalah komponen yang paling mahal untuk kategori gaming. Saat ini VGA high-end berkisar antara 10-15 juta Rupiah tergantung kualitasnya. Tentu saja masih ada yang lebih mahal seperti Nvidia Quadro Plex 7000 yang harganya di atas 150 juta Rupiah.

Ya, memang mahal tetapi VGA card tersebut dirancang untuk kebutuhan multimedia. Untuk gaming sendiri, Anda dapat menemukan beragam VGA card dengan spesifikasi fantastis namun harga yang terjangkau.

Kira-kira bagaimana VGA card yang cocok untuk game masa kini?

Karena banyaknya merk dengan penawaran yang bermacam-macam, saya fokuskan pada beberapa aspek berikut:
  • Kapasitas: minimal 2GB
  • Jalur data: minimal 128bit
  • Tipe memory: GDDR5
  • DirectX: versi 11 atau lebih tinggi
  • Dukungan SLI/Crossfire
Sebenarnya masih banyak, tetapi anggap saja itu yang diutamakan. Dalam pemilihan VGA card, ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan. Saya tidak akan membahasnya disini karena terlalu panjang, silahkan baca artikel milik JagatReview: Mitos Dalam Memilih VGA Gaming.



Cukup itu saja!

Semua komponen yang saya sebutkan di atas memiliki versi yang bisa dioverclock. Ini berarti ada kemungkinan untuk meningkatkan kemampuan hardware sesuai batas yang diperlukan.

Sebenarnya artikel ini terlalu singkat, bahkan sangat singkat!

Saya tidak membahas bagaimana hubungan keempat komponen tersebut. Saya juga tidak membahas motherboard, HDD, input monitor, pendingin, casing dan bagian lain :p

Jelas hal tersebut akan memakan waktu yang sangat panjang apabila saya jelaskan disini. Misalnya saja hubungan antara RAM dan processor, mengenai kemampuan processor dalam mengimbangi kecepatan RAM.

Belum lagi adanya kemungkinan bottleneck apabila hardware satu dengan lainnya tidak seimbang. Atau ketika casing terlalu kecil untuk ukuran motherboard Extended ATX.

Terus gimana mengatasi permasalahan yang mungkin muncul?

Mau tidak mau Anda harus rajin mencari referensi, membaca review, dan berkonsultasi dengan orang-orang yang sudah profesional.

Jadi, di akhir kata...

Selamat merakit PC gaming...

Artikel yang mungkin masih berhubungan:

7 komentar

  1. setau saya intel max core cuman 4 deh walaupun itu i7 skylake *CMIIW

    ReplyDelete
  2. Luar biasa artikelnya. Semoga bisa segera mewujudkan impian Komputer PC Gaming saya

    ReplyDelete
  3. waduh vga min 2gb, brapa kira-kira vga 2gb harganya ?


    izin share blog min http://ititudisini.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rp 1 juta ke atas. Kalau mau yang bagus, setidaknya Rp 2 juta.

      Delete
  4. menarik untuk dibaca, serta dapat membantu menambah pengetahuan.
    lihat artikel serupa dengan mengunjungi :
    Rumah Pena | Graha Pena Gunadarma

    UG GameZone

    ReplyDelete
  5. wah terimakasih ya bang...thread ini bermanfaat banget buat saya :)
    saran saya kasi juga toko/tempat pembelian unit unitnya ya bang :D
    hihihi..

    ReplyDelete

Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming