Cara Mengubah Menu Start Windows 7 Seperti Windows 10

Cara Mengubah Menu Start Windows 7 Seperti Windows 10

CRONOSAL - Setelah mendapat respon negatif dari konsumen yang merasa tidak puas atas keputusan Microsoft menghapus start menu pada Windows 8, akhirnya suara pengguna dijawab dengan lahirnya kembali start menu pada Windows 10. Tentunya tampil lebih baik dan elegan, mengusung konsep flat UI yang terbilang sukses ketika dijajal pertama kali pada Windows 8.

Nah, bagi sobat yang belum sempat mencicipi Windows 10, secara singkat start menu hadir dengan tampilan yang minimalist. Memanfaatkan setiap ruang dengan baik sehingga terlihat padat namun tetap nyaman digunakan.

Bisa dikatakan start menu ini seperti gabungan dari Windows 7 dan Windows 8. Sobat tetap bisa memanfaatkan mode search untuk mencari program atau folder. Di sisi lain, start menu lebih fleksibel. Sobat bisa mengatur bentuknya dan memilih program apa saja yang tertera disana.

Intinya, Windows 10 berhasil mengembalikan kejayaan start menu lewat sentuhan baru. Amat wajar jika banyak respon positif pada inovasi yang dilakukan Microsoft ini.

Untuk menikmati start menu teranyar dari Windows, satu-satunya cara ialah menggunakan Windows 10. Bagaimana caranya agar memiliki start menu seperti Windows 10, sedangkan sistem operasi yang digunakan adalah Windows 7?

Cara Mengubah Menu Start Windows 7 Seperti Windows 10

Just a simple way, tutorial kali ini akan ditujukan bagi sobat pengguna Windows 7. Mengganti start menu default Windows 7 menjadi model yang mirip dengan start menu Windows 10 dapat dilakukan dengan memanfaatkan program pihak ketiga.

Berikut tutorial singkatnya:

Cara Mengubah Menu Start Windows 7 Seperti Windows 10


1. Pertama, sobat wajib download dan instal Start Menu Reviver

2. Setelah instal, jalankan Start Menu Reviver

3. Seperti inilah tampilan start menu baru sobat :)

Cara Mengubah Menu Start Windows 7 Seperti Windows 10

Berikut saya hadirkan beberapa pertanyaan yang mungkin ingin sobat tanyakan beserta jawabannya:

Bagaimana cara kembali ke bentuk start menu normal?

Cara Mengubah Menu Start Windows 7 Seperti Windows 10

Cukup klik kanan pada logo start menu Windows sobat, kemudian klik Exit. Maka tampilan start menu akan kembali seperti biasanya.

Jika ingin memunculkannya kembali, jalankan saja Start Menu Reviver.


Apakah bisa mengatur tampilan warnanya?

Cara Mengubah Menu Start Windows 7 Seperti Windows 10

Tentu bisa. Sobat klik kanan pada tombol start, klik Settings, kemudian masuk ke tab Appearance. Disana sobat bisa mengkustomasi warna setiap elemen start menu.


Saran dari saya, sebaiknya sobat mengatur ulang Start Menu Reviver, terutama untuk mematikan fitur animation. Fitur tersebut memang nampak mempercantik tampilan, tapi cenderung membuatnya sedikit berat dan lebih lama saat dibuka.

Agar nampak lebih realistis, lihat Cara Mengganti Tombol Start Windows 7. Bisa mengganti model start menu Windows 7 menjadi mirip seperti Windows 10

Selain itu, disarankan mengatur komposisi program sehingga terlihat penuh dan rapi. Start Menu Reviver saat ini tersedia pada versi 2.0. Mungkin versi selanjutnya akan lebih sempurna.

Thanks for reading...


2 komentar

Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming