Cara Membuat Video Slow Motion

Cara Membuat Video Slow Motion

CRONOSAL-Pernah melihat adegan replay gol saat pertandingan sepak bola? Pasti tayangan yang sobat tonton terlihat dalam gerakan yang lambat. Bola yang seharusnya melesat cepat diperlambat sampai terlihat begitu jelas tiap detil gambar. Beberapa video slow motion mampu memperlihatkan keindahan sebuah objek yang bergerak lambat. Misalnya video slow motion air yang terjatuh. Siapapun yang melihat video ini mungkin akan terkesima seolah melihat pemandangan yang belum pernah dilihatnya sebelumnya.

Tak heran banyak orang yang ingin bereksperimen membuat video slow motion versi mereka sendiri. Tidak sulit sebenarnya, kita hanya perlu mengatur speed video sesuai keinginan. Dalam tutorial ini saya menggunakan software gratis bernama VideoPad. Mengapa VideoPad? Selain mudah, aplikasi sederhana ini juga cocok untuk pemula yang baru ingin belajar mengedit video.


Cara Membuat Video Slow Motion



1. Buka VideoPad. Jika belum punya, download disini


2. Klik kanan pada kolom berikut kemudian Add Files...


3. Pilih video yang akan dijadikan slow motion lalu Open

Cara Membuat Video Slow Motion

4. Seret video tadi ke timeline

Cara Membuat Video Slow Motion

5. Klik kanan pada video yang sudah berada di timeline. Klik Change Clip Speed...

Cara Membuat Video Slow Motion

6. Kecepatan normal adalah 100%, untuk membuatnya lambat berarti sobat harus mengatur angka dibawah 100. Contohnya saya menggunakan kecepatan 60% lalu klik Set

Cara Membuat Video Slow Motion

7. Simpan atau ekspor video sobat


Mengenai seberapa halus video yang dihasilkan itu bergantung pada frame video yang merujuk pada kualitas kamera. Kamera dengan kemampuan tangkapan gambar diatas 100fps memiliki hasil video slow motion yang baik dibanding kamera dengan tangkapan 30fps. Semakin tinggi jumlah frame maka video slow motion juga dapat diproses dengan halus.


Tidak lengkap rasanya jika hanya menggunakan kamera standar. Alangkah baiknya jika sobat memiliki kamera slow motion yang dapat dibeli dengan harga termurah 3 juta Rupiah. Bahkan beberapa smartphone juga sudah memiliki fitur keren ini.


3 komentar

  1. Replies
    1. Itu tergantung berapa jumlah frame rate. Kalau mau mulus, harus pakai kamera yang frame rate-nya tinggi

      Delete
  2. By proshow-producer puts in the membership table. So you are right, it's not using PBKDF2. We'll have to try the Zetetic wrapper...

    ReplyDelete

Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming