5 Tips Aman Saat Berbelanja Online

5 Tips Aman Saat Berbelanja Online

CRONOSAL-Di era yang semakin maju ini, manusia sudah mengalami banyak revolusi yang akhirnya menciptakan inovasi teknologi yang terus memudahkan segala aktivitas manusia. Tak terkecuali di bidang internet. Jutaan web dan blog di seluruh dunia berkembang menunjukkan gagasan dan kreativitasnya, hingga akhirnya lahir situs yang memungkinkan pengunjungnya untuk membeli barang dari penjual yang sekarang kita kenal dengan sebutan "belanja online".

Dalam kurun waktu 3 tahun terakhir mulai banyak situs-situs jual beli online yang berkembang pesat di Indonesia. Jumlah pengguna internet yang berbelanja online terus meningkat, bahkan di akhir tahun ini PT. Kereta Api Indonesia mencatat lebih dari setengah pembeli tiket kereta meggunakan fasilitas belanja online di internet. Di tengah kemudahan bertransaksi via internet, kita sebagai masyarakat harus bisa menjadi pembeli yang cerdas dan dapat memilah-milah metode transaksi yang aman.

5 Tips Aman Saat Berbelanja Online


1. Belanja di situs terpercaya

5 Tips Aman Saat Berbelanja Online

Ibarat peribahasa "Jangan menilai buku dari sampulnya saja", maka jangan menilai situs jual beli dari tampilannya saja. Ada sangat banyak situs belanja online yang tersebar di Indonesia, baik PT maupun perseorangan. Sebaiknya, belanjalah di situs yang telah memiliki reputasi baik di mata pembelinya. Jika ragu bisa bertanya ke pembeli sebelumnya atau cari informasi di Google.



2. Jangan bertransaksi melalui komputer warnet

5 Tips Aman Saat Berbelanja Online

Disini bukannya saya ingin mengucilkan para pengusaha warnet, tetapi alangkah lebih baik kita berbelanja di komputer pribadi yang jelas keamanannya kita atur. Dalam beberapa kasus, komputer warnet kadang mengandung keylogger yang dapat menyimpan password rekening korban. Hal ini akan membahayakan rekening pembeli. Jadi gunakanlah perangkat yang terpercaya.



3. Jangan tergiur harga murah

5 Tips Aman Saat Berbelanja Online

Banyak toko online yang menjual barang dengan harga yang sangat-sangat miring, bahkan tidak masuk akal. Jika ragu, cek di situs jual beli lain. Apakah harga barang tersebut memang sedang turun, atau ada pihak lain yang tidak bertanggung jawab.



4. Kumpulkan bukti pembayaran

5 Tips Aman Saat Berbelanja Online

Setelah melakukan pembayaran, kumpulkan bukti bahwa sobat telah membayar untuk suatu transaksi. Bisa melalui email atau screenshot halaman web (Baca: Cara Screenshot Layar Komputer dengan Mudah). Bila perlu bisa juga merekam aktivitas pembayaran (Baca: Cara Merekam Tampilan Monitor Komputer Menjadi Video).



5. Hubungi Customer Service situs belanja online

5 Tips Aman Saat Berbelanja Online

Hal ini bisa dilakukan sebelum atau sesudah melakukan pembayaran. Bisa tanyakan informasi detil mengenai pembayaran produk dan sebagainya, pasti pihak CS akan menanggapi pertanyaan sobat karena itu sudah menjadi kewajiban mereka.


Kurang lebih itu saja tips yang bisa saya sampaikan dalam artikel ini. Kita sebagai pembeli yang cerdas harus waspada terhadap modus penipuan dengan kedok belanja online. Jangan sampai ada lagi kasus penipuan berbelanja online. Ingat, kejahatan bukan terjadi hanya karena niat pelakunya, tetapi juga karena ada kesempatan, waspadalah...waspadalah...


Baca juga:


Sekian



SALAM Blogger

0 komentar

Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming