Cara Mengetahui Apakah Email Kita Pernah Dibobol Hacker

Cara Mengetahui Apakah Email Kita Pernah Dibobol Hacker

CRONOSAL-Apakah sobat tahu bahwa setiap hari ada ribuan email yang dibobol, ratusan website terkena DDos, dan banyak akun online yang berhasil diretas oleh hacker? Internet itu bebas, tetapi ada batasannya. Sebagian orang yang memiliki kemampuan khusus meretas database email untuk tujuan tertentu. Dalam beberapa kasus serangan hacker pernah menjebol jutaan email beserta passwordnya.

Contohnya saja adalah berita mengenai 5 juta akun Gmail yang berhasil dibobol. Tentu bukan angka yang sedikit, dan buruknya lagi sebagian besar didapatkan dengan cara meretas aplikasi pihak ketiga. Kita sebagai pengguna email seharusnya berhati-hati terhadap serangan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab demi menjaga keamanan akun email yang kita miliki.


Cara Mengetahui Apakah Email Kita Pernah Dibobol Hacker



1. Buka situs haveibeenpwned.com


2. Masukan alamat email atau username yang ingin diketahui keamanannya pada kolom yang disediakan


3. Tekan pwned? atau Enter kemudian lihat hasilnya

Cara Mengetahui Apakah Email Kita Pernah Dibobol Hacker

Jika hasilnya positif maka sobat beruntung karena pengaturan email sobat sudah sangat kuat. Tapi bagaimana jika hasilnya buruk? Itu berarti sudah saatnya sobat untuk mengganti password email sobat beserta pengaturan privasi di dalamnya sebelum email benar-benar diambil alih. Baca: Cara Membuat Password yang Baik dan Kuat.

Selain mengunakan situs diatas, kita juga bisa menggunakan securityalert.knowem.com untuk mengetahui keamanan khusus Gmail. Jadi, jagalah email yang sudah sobat buat karena sekali saja berhasil diretas maka semua akun online sobat bisa diambil alih.


Sekian



SALAM Blogger

0 komentar

Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming