Download Unity 3D Gratis | Software Membuat Game Berkualitas


CRONOSAL-Pernah memainkan game di ponsel atau PC? Game apa saja yang agan suka? Bagaimana pembuatan game tersebut? Pernah dengar Unity 3D? Jika belum atau ingin tahu lebih lanjut, simak penjelasan berikut:

APA ITU UNITY?

Unity adalah game engine yang dikembangkan oleh Unity Technologies. Pertama kali diluncurkan pada tahun 2005, dan terus mengalami perkembangan sampai dengan versi terbarunya (Unity versi 4) yang diluncurkan tahun 2012 lalu.


APA SAJA FITUR DALAM UNITY?
  • Menyediakan tools yang terintegrasi untuk proses pembuatan game.
  • Editor yang terintegrasi.
  • Asset workflow yang memudahkan untuk mengatur aset (image, sound, dll) yang akan digunakan di dalam game.
  • Tersedia Unity WorkFlow
  • Unity juga memungkinkan untuk membuat game setingkat game EA atau Ubisoft dengan menyediakan fitur rendering, lighting, sound fx, physics dll. Untuk lebih lengkapnya agan bisa baca di sini.
  • Unity3d_publish dengan Unity, publish game dengan target multiplatform mulai dari PC/Mac, mobile (iOS, Android), Web sampai dengan konsol.
  • Unity memiliki asset store yang memungkinkan untuk mendapatkan aset-aset yang dibutuhkan untuk membuat game, mulai dari model karakter, sound fx, sampai dengan tutorial. Serunya lagi, agan juga bisa membuat aset dan jual lewat asset store tadi.
  • Unity juga didukung oleh komunitas pengguna yang bisa menjadi tempat untuk saling berbagi, berdiskusi dan belajar.

UNITY UNTUK PEMULA ATAU MASTER?

Jawabannya adalah seimbang karena Unity dilengkapi dengan tutorial yang bisa diunduh atau diakses di halaman web http://unity3d.com/. Disana juga terdapat forum untuk menanyakan seputar Unity Software dan Unity Game.


GAME APA SAJA YANG DIBUAT DENGAN UNITY?

Ada ratusan game yang berhasil dibuat dengan Unity, baik 2D maupun 3D. Salah satu yang terkenal adalah DreadOut, Developer Digital Happiness menggunakan Unity 3D untuk membuat game DreadOut. (Download DreadOut Full 2014 Disini)

Beberapa game yang ane ketahui adalah Temple Run, Bad Piggies, Dead Trigger, Three Kingdom Online, dan game lainnya bisa dilihat disini.


UNITY SOFTWARE GRATIS ATAU BERBYAR?

Ada 2 versi Unity, yaitu versi gratis dan berbayar. Versi gratis bisa diunduh di situs resmi Unity dan agan akan diberikan trial 30 hari Unity Pro jika mengunduh Unity versi gratis.

Perlu diketahui versi berbayar memang lebih lengkap namun dengan versi free saja sudah cukup untuk membuat game.

Made by Unity








Downloa

*Ukuran file sangat besar, disarankan untuk menggunakan IDM untuk mengunduh.

Via Unity3D (Official Site)
*Mendukung untuk Windows dan Mac
Panduan Install
Jika informasi yang ane berikan kurang lengkap bisa mengakses situs www.unity3d.com. Jika ada pertanyaan, silahkan tanya lewat kolom komentar.

Baca juga:

Check it out, Unity Awards 2013

141 komentar

  1. wah keren gan, pengen coba ah buat game :v

    ReplyDelete
  2. gan ane pengen tanya kenapa ya harus administrator :v gw gk bisa bisa
    ada message bla bla bla without permission of administrator :3
    dah ah gk mudeng gw :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klik kanan, Run with Administrator...

      semoga membantu

      Delete
  3. Ada cdnya gak? ane mau beli kalo ada

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya gak ada gan, soalnya sudah bisa download langsung di web resmi mereka :)

      Delete
  4. apkah jika kita menggunakan cracked version google play kita di banned?? amankah di publish hasil apk dari unity cracked version??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aman :)

      Jujur, salah satu developer game terkemuka dari Indonesia pernah mempublish gamenya menggunakan Unity hasil crack :)
      Tidak ada bedanya dengan yang Original

      Delete
  5. Thanks gan , blog nya bagus (y)

    ReplyDelete
  6. Thanks Christian , salam Power Stars Luma XD

    ReplyDelete
  7. lur bisa buat game android kan (APK)

    ReplyDelete
  8. unity ane ke acak cara mengembalikan seperti semula gmna yah

    ReplyDelete
  9. Apa Aplikasi INI Membutuhkan Coding

    ReplyDelete
  10. Klo pke ini.trus gamenya kita jual kita perlu bayar royalti ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak gan ^_^
      Game yang kita buat dapat dibagikan gratis

      Delete
  11. bang, kita bisa buat game kayak football manager ga make unity?

    ReplyDelete
  12. bisa dibantu ga,kasih tutorial atau apa aja yg harus dibuat?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau kasih tutorial bisa panjang posting ini. Semua dilakukan sendiri gan, hasilnya berbeda

      Delete
  13. Bantuin pake link aja gan.kira kira ada ga gan?

    ReplyDelete
  14. Bantuin keywordnya gan.ane nyari ga dapet gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai keyword berbahasa Inggris gan :)
      keyword bahasa Indonesia jarang ada di Google

      Delete
  15. klo game ni dijual bisa lewat mana aja klo buat pc?

    ReplyDelete
  16. kalau games seperti DRAGONES BISA GK KAKAK

    ReplyDelete
  17. unity ini bisa dikasih aplikasi tambahan g, buat grafik atau gambar ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kita bisa pakai Photoshop atau GIMP gan :)

      Delete
  18. ada spek minimum gak gan buat ngejalaninnya?
    spek ane
    core i3 2310m
    2 gb ram
    intel hd

    ReplyDelete
  19. bang ane butuh cracknya bang .. :v XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan deh gan, mending beli yang asli :v

      Delete
    2. Please gan...
      Kalau beli yang asli pasti mahal

      Delete
    3. Nah, itulah pengorbanan para developer game :v

      Delete
  20. Replies
    1. Low gan, Intel Celeron 1.6 Ghz aja sanggup

      saran: yang penting itu RAM dan VGA

      Delete
  21. Gan harus instal lwt administrasi ya ???

    ReplyDelete
  22. Gan klo instal hrs run as administrasi gk.....

    ReplyDelete
  23. Gan kok ada tulisan"would you like to save your license to a file and manual submit it? Itu maksudnya apa ya ???

    ReplyDelete
  24. Apa ini aman kalo di publikasikan di playstore gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aman gan, ini ane kasih yang free. Ane gak sebar yang bajakan

      Delete
  25. Waktu dibuka unity3d nya trus ada tulisan diatas dan dibawahnya ada tulisan "save license"..."cancel"..."load licence" itu mksdnya apa ya ????

    ReplyDelete
  26. permisi kalo spek nya AMD E2-2000 with radeon, HD graphic 1.72 ghz ram 2gb. bisa pake unity untuk buat augmented reality ga ya?

    ReplyDelete
  27. gan itu aplikasinya berat ga,,?,,
    sya punya laptop spek nya processor nya 2,3 ghz ram 1 gb dan vga 1 gb
    bisa ga ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. RAMnya kalau bisa ditambah, Unity makan diatas 500 MB soalnya

      Delete
  28. Gan ram 3gb,vga2gb,Intel core i5 2.3Ghz
    Bisa kagak

    ReplyDelete
  29. gan itu kenapa ya pas verifying installer slalu failed padahal download dah full sampe verifyingnya puluhan kali tetep ga bisa tulisanya kayak gini "installer integrity check has failed.common causes include incomplete download and damaged media"

    spek amd e1-1500 apu radeon hd graphics 1,48ghz ram 2gb
    mohon responya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Simpel, file crash karena proses download yang tidak sempurna. Solusi: download ulang dengan koneksi yang stabil, jangan pause/resume proses download :)

      Delete
  30. Gan pas pke aplikasi ini harus pke jaringan Internet ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa offline, tetapi ada beberapa fitur yang mengharuskan sobat online. Seperti misalnya mengakses store

      Delete
  31. ad crackx nda gan Waktu dibuka unity3d nya trus ada tulisan diatas dan dibawahnya ada tulisan "save license,cancel,load licence" itu mksdnya apa ya dan solusix bgmn??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak ada crack sob, saran saya beli yang original :)

      Delete
  32. Waktu dibuka unity3d nya trus ada tulisan diatas dan dibawahnya ada tulisan "save license,cancel,load licence" itu mksdnya apa ya dan solusix bgmn??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu berarti sobat ditawarkan untuk membeli lisensi resmi

      Delete
  33. Gan,kalau pakai unity 3D bisa bikin game FPS ga??

    ReplyDelete
  34. Kalau spec laptop ane itu Intel Core i5-3220 CPU @ 2.60 GHz serta VGA: Intel HD Graphic 4000/ NVIDIA GForce GT 720M 4GB dan performa nya prosesor Intel Core i5-3220 CPU @ 2.60 GHz yang didukung oleh RAM 4GB (up to 16GB) DDR3L-1600 Slot SODIMM x 2 4GB (up to 16GB) DDR3L-1600 Slot SODIMM x 2. Danhard disk berkapasitas 500 GB bisa buat unity 3D ???

    ReplyDelete
  35. Gan,apakah software unity 3d ini, di jalankan dengan online atau tidak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Offline bisa, online juga bisa (buat download assets)

      Delete
    2. Gan unity 3d bisa bikin game seperti warcraft atau great battles medieval?

      Delete
  36. Gan bisa buat game seperti WarCraft atau Great Battles Medieval?

    ReplyDelete
  37. saya mau tanya , apakah dalam pembuatanya kita harus membuat dengan cara rumit seperti pembuatan karakte , image bg, / unity 3d sudah menyediakan tools untuk mempermudah pengerjaan , terus apa ini sungguh dapat bekerja soalnya 1gb lebih itu besar dan memakan waktu lama ? mohon respons nya #timeismoney :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Unity adalah engine terpopuler
      pasti banyak tutorialnya, banyak forum yang membahasnya, dan banyak bantuan atas problem saat menggunakan Unity

      saya pernah menggunakannya dan itu terasa lebih mudah dibanding engine lain

      Delete
  38. gan Ini kalo buat Game FPS Kaya PB bisa Buat Mode Bom mision Ga ???

    ReplyDelete
  39. gan mau tanya saya udh download unity 3d, tapi disuruh mskn email unity itu cara nya gimana yah gan, saya udh pusing soal nya saya buat mlh kgk bisa pke email sendiri tidak bisa jg trus gimana lg yah gan

    ReplyDelete
  40. Gan klo Laptop ane Axioo Dual Core (jadul),,, bs gk gan??maklum gk mampu beli Laptop spec tinggi... ;-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berat gan.. spek saya jga gk jauh beda sma situ... kalau sekedar buat yg ringan2(gk super objek) sih masih mampu... saya saranin pkai komputer saja gan... rakit modal 2-3jt an udah wah itu...laptop gimna pun tetep gk cocok buat 3D desain.. kecuali yg harga 30jt an

      Delete
    2. Benar apa yang dikatakan Doni :)

      Delete
    3. Laptop sy Axioo T4500 dual core RAM 1GB 2,3 GHz...... Klo gk kuat, adakah rekomendasi selain pakai Unity 3D?

      Delete
  41. Gan,kalo spesifikasi laptop ane Windows 7 Ultimate SP1 32 bit, Dual Core 2,20 GHz, RAM 1GB, DirectX 11 kuat gak ? kalopun kuat ntar lag / mungkin crash ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sarankan RAM minimal 4GB untuk menjalankan Unity 3D secara real-time tanpa kendala. Resources dalam Unity tidak tetap, setiap elemen baru yang ditambahkan maka akan membutuhkan memory (RAM) yang lebih besar lagi

      Saya khawatir terjadi crash ketika proyek belum disimpan :(
      Jadi sebaiknya sobat tingkatkan dahulu RAM komputer sobat. Sedangkan untuk processor saya rasa sudah mumpuni :)

      Delete
  42. Gan ,kalau software Unity ini bisa jalan di OS Windows 7 Home Premium gak? ,atau memang harus windows 7 SP1?

    ReplyDelete
  43. Gan , Software ini bisa jalan di OS Windows 7 Home Premium , Gak?

    ReplyDelete
  44. Jadi gitu,pengen banget rasanya nyoba buat game
    Rekomendasi aplikasi selain unity3d ap?

    ReplyDelete
  45. Kisaran berapa harga crack nya ???

    ReplyDelete
  46. Mau nanya nih gan, kalo buat linux mana ya ? kalo bisa yang versi crack nya...
    Balas komennya ke email : tediarif011@gmail.com

    ReplyDelete
  47. Untuk 3 komentar di atas, silahkan akses https://unity3d.com/get-unity untuk informasi lebih lanjut mengenai harga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. gan apakah unity3d bisa membuat game seperti ninja heroes???

      Delete
  48. gan apakah unity3d bisa membuat game seperti ninja heroes?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, agan mau bikin game kayak GTA V juga bisa

      Delete
  49. ada file instalanny ayg langsung ngga gan?
    yg di web resminya harus lewat installer Assistantnya. PC rumah ane internetnya lelet. bisa2 ngga selesai kalo download segede itu. ini numpang download di warnet. Jadi biar langsung bisa instal softwarenya ke PC ane tanpa download lg.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba download Unity versi terdahulu
      https://unity3d.com/get-unity/download/archive

      Delete
  50. Gan, bisa ga unity 3d ini memainkan game pokemon x and y?

    ReplyDelete
  51. ka , unity yang saya install ver 5.2.1 sebelumnya bisa buat project, tapi karna suatu hal, laptopnya saya instal ulang. saya download lagi dan setelah instal unity lagi yang terjadi malah failed to instalized unity ?? kenapa ya ka?

    ReplyDelete
  52. "failed to instalized unity "kenapa ya ka? saya download versi 5.2.1

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin ini solusinya :)
      http://answers.unity3d.com/questions/10517/failed-to-initialize-3d-graphics.html

      Delete
  53. worng password -_- please help

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wrong Password? Ini ga pakai password gan

      Delete
  54. ane pernah download, udah selesai tapi malah ngehang? gimana min cara mengatasinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngehang banyak penyebabnya, bisa karena crash dengan software lain, .NET Framework yang tidak didukung, atau hardware yang kurang optimal.

      Delete
  55. memangnya ram 2 GB gak cukup ya jalanin aplikasi ini ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat jalanin doang cukup gan, tapi ketika membuat game bakal sangat lambat dan lag

      Delete
  56. aplikasinya online atau offline gan?

    ReplyDelete
  57. Kalao buat aplikasi selain game bisa tdk gan?, contohnya saya kan tukang ac, nah saya bikin aplikasi order AC, jd customer saya bisa pesan service ac via aplikasi

    ReplyDelete
  58. gan knapa ane, ga bisa import marker buatan ane ya ?
    gmana solusinya ?

    ReplyDelete
  59. spek segini bisa ga gan?
    -intel celeron n2840 2,16 ghz
    -intel hd graphic
    -ram 2 gb

    ReplyDelete
  60. mohon maaf gan, bagaimana cara dowload unity nya gan ??? mohon sarannya

    ReplyDelete
  61. vga yg recommend apa ya? budget 1jt...
    sekarang saya belum pakai vga card, pas terrain full rumput jadi lag hehe

    ReplyDelete
  62. Gan spek segini intel atom n2600 1.6ghz ram 2gb
    bisa gk gan???

    ReplyDelete
  63. gan ini kok unity nya suruh masukin email sama lisensinya ?..maksudnya gimana gan

    ReplyDelete
  64. gan kok di unity3D 5.2.1

    klo d klik assrt packages nya gk muncul..?? gmna yh..??

    ReplyDelete
  65. kok website nya tidak bisa di download gan??

    ReplyDelete
  66. Hy replies saya mau nanyak gimana caranya nge donwload aplikasi membuat geme? Saya kepingin nyobak membuat geme dari dulu saya nyari nyari di gugele tapi gak ketemu temu.tolong bantu saya gima caranya ngedonwload apkikasi tempat membuat geme di leptop? Tolong informasinya ya,saya sekarang jarang bukak gugle tolong informasinya lewat pin bbm saya DB643BEA itu pin bbm saya.mohon ya bantuannya kalo bisa di respon sekarang tolong respon juga di pin bbm saya itu.terimakasi

    ReplyDelete
  67. Untuk AMD A4 dual core radeon R3 RAM 4GB DDR4 bisa?

    ReplyDelete
  68. haahha saya gak mampu download sebesar itu :v

    saya ingin download unity 3d. tapi kuota saya hanya 1 GB aja :(

    ReplyDelete
  69. gan kalo mau download unity 3d dengan spek komputer

    ram 4gb
    procesor AMD a8
    quad qore

    ReplyDelete
  70. Komputer gue 32-bit bisa nggak min ?

    ReplyDelete
  71. Gan ,laptop Intel inside ram 2 ,2,41ghz ,ngangkat ga gan

    ReplyDelete

Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming